Suzuki Jimny

Suzuki Jimny

Infosuzukitangerang.com – Mendengar sebutan Suzuki Jimny pasti semuanya sudah terbayang akan sebuah mobil asal Jepang yang coba mengulang sejarah manis di Indonesia dengan menggoda pencinta mobil jip atau offroad tapi sangat sulit memilikinya karena kuota yang sedikit didapat Suzuki Indonesia.

Tenang ya pencinta offroad dan Jimny, memang kabar tersebut benar adanya bahkan banyak pencinta Jimny yang rela menunggu lama untuk bisa memiliki Suzuki Jimny. Karena memang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya mendapatkan kuota 50 unit per bulan untuk Jimny, wal hasil banyak penggila Jimny yang harus rela menunggu untuk memilikinya. Bahkan ada beberapa oknum yang nekat menjual kembali JImny miliknya dengan harga mencapai Rp 500 juta.

Sudah-sudah sekarang kita tidak akan membicarakan bagaimana peran Suzuki Jimny di Indonesia. Tapi kali ini kita akan membicarakan seberapa nyaman sih Jimny ditunggangi saat offroad bagi pemula.

Kali ini detikOto merasakan Suzuki Jimny versi termurah dari Jimny yakni versi MT (Single Tone) yang dibanderol Rp 372.500.000. Tanpa banyak basa-basi, yuk kita kupas satu per satu mobil jip dari Suzuki ini.

Suzuki JimnySuzuki Jimny

Desain Kotak ala mobil Offroad

Soal desain Suzuki Jimny menawarkan garis tegas dengan tampilan kotak seolah-olah menegaskan siap bertarung diberbagai medan baik onroad atau offroad.

Kesiapan untuk dikendarai onroad terlihat pada tampilan iconic Front Grille, sebuah tampilan tegas dan sporty dengan bumper anti gores. Selanjutnya juga tampilan lampu LED Projector Headlamps with Leveling Feature, sehingga memungkinkan Jimny memiliki cahaya lebih terang, lebih fokus, dan lebih hemat energi. Dilengkapi leveling Feature untuk pengaturan tinggi rendah pencahayaan.

Lampu LED Suzuki Jimny juga dilengkapi dengan Headlamps Washer, memungkinkan Suzuki Jimny membersihkan lampu dari cipratan lumpur/kotoran untuk keselamatan perjalanan. Selain itu Jimny juga diperlengkap dengan Fog Lamp yang bakal berperan membantu pencahayaan di jalan berkabut atau hujan.

Selanjutnya pilihan 8 warna Suzuki Jimny menandakan bahwa meski mobil ini memiliki DNA offroad, mobil ini juga bakal asyik dikendarai di jalanan aspal. Seperti Kinetic Yellow+Bluish Black Pearl 3, Brisk Blue Metallic+Bluish Black Pearl 3, Chiffon Ivory Metallic+Bluish Black Pearl 3, White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green.

Lalu apa yang membuat Jimny bakal cocok untuk menjadi mobil offroad. Jika diperhatikan Suzuki juga ingin membuktikan bahwa Jimny memang cocok untuk menjadi mobil offroad.

Suzuki JimnySuzuki Jimny

Sebut saja dengan diselipkannya Drip Rails, yang membuat Jimny bisa menghindari masuknya air ke kabin saat menutup atau membuka pintu. Selanjutnya Jimny juga dilengkapi degan High Mount Stop Lamp, yang mampu memberikan tanda saat mobil melakukan pengereman sebagai fitur keselamatan. Begitu pula dengan fitur Rear Defogger yang membuat mobil Jepang ini mengurangi kabut atau embun pada kaca belakang.

Tidak berhenti sampai di situ detikers, kesiapan Suzuki Jimny untuk melibas medan offroad, Jimny juga dilengkapi dengan Scractch-Resistance Bumper With Wheel Arch Extention yaitu bumper anti gores dilengkapi dengan fog lamps dan extention over fender. Sehingga bisa melindungi bodi mobil dari gesekan atau serpihan batu.

Kaki-kaki Gaya Offroad

Untuk melewati batu atau menanjak pengguna Jimny juga tidak perlu khawatir. Karena mobil ini memiliki kaki-kaki yang kuat ditambah dengan pelek Dark Metallic Gray Alloy Wheel With Tire 195/90 R 15.

Selanjutnya Ladder Frame atau struktur rangka tangga memiliki kekuatan yang lebih handal, kuat dan kokoh. Sehingga menjadikan Suzuki Jimny lebih tangguh dan stabil untuk menjelajah medan off-road dan ekstrem.

Selanjutnya suspensi 3 link rigid Axle With Coil Spring juga disediakan Suzuki Jimny. Suspensi ini diklaim kuat dan stabil. Sehingga siapapun pengendaranya akan merasakan ketangguhan Suzuki Jimny dan kenyamanan saat meredam goncengan di medan ekstrem.

Jika melihat semua yang diberikan menandakan Suzuki Jimny memang sangat asyik untuk dikendarai onroad atau offroad.

Interior Bernuansa Petualang

Soal interior Suzuki tidak main-main untuk memberikan kesan offroad. Saat pertama kali masuk ke dalam kain suasana tangguh terlihat pada ride-in assist grip pada bagian peumpang bagian depan, yang bakal berperan untuk pegangan yang kokoh dan mudah digenggam untuk meningkatkan kenyamana sabermanuver.

Untuk model paling bawah Suzuki Jimny ini hanya dilengkapi dengan radio FM/AM biasa namun diperlengkap dengan sistem bluetooth, dist yang bisa menambah kenyamanan saat berkendara. Selanjutnya sistem AC Auto Climate with heater yang bisa diatur secara otomatis untuk kenyamanan selama dalam perjalanan.

Suzuki JimnySuzuki Jimny

Pada bagian stir kemudi Suzuki Jimny versi terbawah ini juga menawarkan fitur terbaik pada bagian stir kemudi atau yang disebut dengan panel control sebuah desain, yang bisa mengoperasikan menu entertaintmen, volume suara, cruise control, atau sistem bluetooth untuk menerima panggilan.

Kemewahan lainnya juga bisa dirasakan dengan penggunaan kulit pada stir kemudi, yang dilengkapi dengan power steering dan tilt steering serta fitur modern untuk kenyamanan berkendara.

Tidak sampai di situ, pada bagian penumpang, memang hanya disediakan untuk dua penumpang. Namun berkat kursi yang bisa dilipat membuat ruang bagasi belakang sangat luas di mana kursi bagian belakang dilapisi bahan yang mudah dibersihkan jika terkena noda dan kotoran.

Fitur Keamanan Terbaik

Menyandang DNA offroad , Suzuki tidak main-main untuk memberikan rasa nyaman kepada pengendara. Mulai dari dual airbags yang berperan untuk meminimalkan cedera serius dan meningkatkan faktor keselamatan.

Fitur keselamatan yang tidak kalah penting Suzuki Jimny diperlengkap dengan Tect body, sebuah struktur body lebih efisien menyerap dan menyebarkan energi saa terjadi tubrukan/tabrakan, dapat menjaga ruang kabin lebih utuh.

Selanjutnya sistem pengereman terbaik juga diberikan, seperti sistem brake LSD traction Control. Sistem ini memastikan respon rem lebih cepat dengan sedikit tekanan pada pedal. Kinerja pengereman lebih tinggi untuk menghindarkan tergelincir di permukaan yang licin. Selanjutnya Suzuki Jimny juga memberikan sistem Electronic Stability Programme, yang membuat pengereman lebih stabil di jalan licin dan berbelok, mencegah over steer dan under steer.

Suzuki JimnySuzuki Jimny

Sistem pengereman ABS juga tidak lupa diberikan untuk mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak di jalan licin. Menjadi mobil offroad juga tidak membuat Suzuki lupa ikut menyelipkan fitur Hill Descent Control (HDC), yaitu sistem rem otomatis dan mempertahankan kecepatan 10 km/jam (mode 4H) atau 5 km/jam (Mode 4L). Begitu juga saat Jimny ingin menanjak, Suzuki menyediakan fitur Hill Hold Control (HDC) yang memungkinkan Jimny menjalankan rem otomatis saat menanjak dan mencegah mobil bergerak mundur selama 2 detik.

Terakhir sistem Isofix juga diberikan sesuai dengan standar ISO Child Safety Seats untuk meningkatkan keselamatan balita di perjalanan. Wah lengkap bukan?

Uji Ketangguhan di Medan Offroad

Sekarang waktunya detikOto membuktikan ketangguhan Suzuki Jimny terjun di medan offroad di Desa Pelangi yang berada dibilangan Sentul Bogor Jawa Barat. Untuk membuktikan mesin 1.462cc 5 percepatan manual, yang diklaim bakal mampu menyemburkan 102 PS di 6.000 RPM dan memiliki torsi mencapai 130 Nm di 4.000 RPM.

Sebelum bermain lumpur bersama Suzuki JImny detikOto merasakan keraguan besar akan mesin yang terbilang tidak besar yang di digendong Jimny. Mengingat medan Offroad terbilang beragam dan terjal.

Transmisi gigi pertama pun akhirnya dimasukan dan siap memulai petualangan bersama Suzuki Jimny. Saat baru memasuki lintasan turunan curam tanah dan berbatu sudah ditemui, sangat terasa suzuki Jimny mencengkram dengan baik meski semuanya part masih standar pabrikan.

Tak lama, jalanan penuh batu yang jauh lebih besar untuk menguji suspensi Suzuki Jimny pun ditemui. Benar saja tubuh mungil Suzuki Jimny dan suspensi 3 link rigid Axle With Coil Spring mampu melewati dengan mudah dan kenyamanan juga masih terasa.

Tidak perlu lama akhirnya detikOto langsung bertemu dengan jalanan menanjak. Tanpa ragu fitur penggerak roda 4 Wheel drive pun dipilih. Namun yang menjadi catatan, sistem fitur 4 Wheel Drive memiliki dua mode 4 H dan 4 L, bahkan pengoperasian sangat mudah cukup menekan tuas kecil layaknya transmisi biasa dan ditarik ke bawah. Sistem penggerak pun langsung berubah, tak terasa jalanan tanjakan dengan mudah dilalui dengan cengkraman ban yang sangat terasa.

Suzuki JimnySuzuki Jimny

Setelah melalui jalanan tanjakan, jalanan penuh lumpur dan genangan air ditemui detikOto. Awalnya rasa ragu menghantui detikOto, apakah mungkin Jimny bisa melaluinya, akhirnya tanpa ragu detikOto coba melintasinya. Sayangnya, lumpur terlalu tebal, namun penggunaan ban standar tidak memungkinkan untuk Jimny melintas akan tetapi jika menggunakan ban offroad dijamin Jimny mampu melintasi dengan sempurna. Setelah tertahan dengan keempat ban slip memutar dilumpur, akhirnya detikOto bersama Jimny harus ditarik dengan tali sling untuk melewati genangan lumpur dan air yang langsung bertemu tanjakan berbatu kembali.

Selanjutnya jalanan berbatu dan kontur tanah yang tidak rata kembali ditemui detikOto dan Suzuki Jimny. Kembali penggerak 4 roda Suzuki Jimny membuktikan tajinya.

Secara keseluruhan Suzuki Jimny membuktikan meski mengusung mesin 1.462cc dan memiliki badan yang tidak terlalu besar dan panjang. Jimny membuktikan ketangguhan di kelasnya dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Selain itu bagi detikers yang baru ingin main offroad Suzuki Jimny bisa menjadi jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *