suzuki xl 7

Oli Mesin Suzuki XL7 Merembes di Vietnam, Suzuki Ungkap Penyebabnya

Suzuki XL7 buatan Indonesia yang dipasarkan di Vietnam mengalami masalah oli merembes di mesin. Terkait hal ini, Suzuki Vietnam mengatakan sudah berkoordinasi dengan Suzuki Indonesia.

Oli Mesin Suzuki XL7 Merembes di Vietnam, Suzuki Ungkap Penyebabnya

Suzuki XL7 di Vietnam (Zing.vn)

INFOSUZUKITANGERANG.COM РBulan September 2020 lalu, beberapa pengguna Suzuki XL7 menemukan adanya rembesan oli mesin pada mobilnya. Rembesan itu berada di bagian cover cam snail cluster dan gasket.

Dilansir dari Zing, awalnya pada 17 September 2020, akun Facebook QB mengunggah foto rembesan oli mesin itu di grup para pengguna Suzuki XL7. Rupanya, unggahan itu memantik para pengguna mobil XL7 lain yang mengalami hal serupa.

zing.vn

Selanjutnya pada 6 Oktober 2020, akun QB kembali menyampaikan bahwa mobilnya kembali mengalami masalah yang sama. “Agen menjawab bahwa dia harus melepas penutup cam dan mengoleskan lem,” tulis QB.

 

 

Meminta Recall

Oli Mesin Suzuki XL7 Merembes di Vietnam, Suzuki Ungkap PenyebabnyaMeminta Recall

Pengguna lain juga memastikan bahwa setelah dibersihkan dan ditangani oleh petugas servis, mobil mereka tak lagi bermasalah. “Jika mobil Anda dikencangkan dan disekrup di tempat yang basah, itu tidak akan terpengaruh,” komentar pemilik akun Nguyen Trong Hinh.

Tapi QB terus membagikan tentang masalah tersebut. Dia ingin pabrikan mengeluarkan pemberitahuan penarikan kembali untuk kendaraan yang mengalami oli merembes.

Hal itu pun menuai respon positif dari para anggota di grup tersebut. Mereka menilai sekecil apapun masalahnya, harus ada sikap tanggung jawab dari pabrikan.

Konfirmasi Suzuki Vietnam

Oli Mesin Suzuki XL7 Merembes di Vietnam, Suzuki Ungkap PenyebabnyaKonfirmasi Suzuki Vietnam

Akhirnya, pada 20 Oktober 2020 perwakilan Suzuki Vietnam pun mengonfirmasi bahwa pihaknya sudah menerima informasi masalah tersebut dari dealer, tentang munculnya rembesan oli di mesin XL7.

“Untuk kasus adhesi oli mesin XL7, kami mencatat 2,1 persen XL7 mengalaminya hingga saat ini. Tapi ini bukan masalah teknis. Kami belum melaporkan adanya kerusakan mesin dari rembesan oli ini,” jeals Head of Suzuki Automobile After-Sales Service, Phan Ban Phuc kepada Zing.

Pabrikan asal Jepang itu juga sudah mengunggah di website mengenai penyebab oli mesin yang merembes itu. Sayangnya, link unggahan tersebut saat ini dinonaktifkan.

Ungkap Dua Penyebab

Oli Mesin Suzuki XL7 Merembes di Vietnam, Suzuki Ungkap PenyebabnyaUngkap Dua Penyebab

Suzuki Vietnam mengungkapkan ada dua alasan mengapa masalah itu terjadi. Tidak membersihkan semuao oli saat memroses, merakit mesina tau saat memasang mesin di kendaraan, dan oli merembes dari sealant yang digunakan untuk tujuan menyegel permukaan kontak mesin.

Perlu diketahui, Suzuki XL7 yang dipasarkan di Vietnam adalah buatan Indonesia. Sehingga, Direktur Produksi Suzuki Vietnam, Aoki disebut sudah menghubungi Suzuki Indonesia sebagai produsen XL7 dan Ertiga.

Koordinasi dengan Suzuki Indonesia

Disebutkan bahwa masalah serupa pernah terjadi di pasar Indonesia. Kini baik Suzuki Vietnam dan Suzuki Indonesia masih terus mencari tahu penyebab dan akan segera mengambil tindakan untuk mengatasi masalah itu, seperti disampaikan Aoki.

Sembari menunggu masalah tersebut terpecahkan, Suzuki memperpanjang masa garansi mesin dan gearbox untuk seri XL7 di Vietnam dari 3 tahun atau 100.000 km menjadi 5 tahun atau 150.000 km.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *