Karimun Wagon R Dongkrak Penjualan, Suzuki Geser Posisi Honda

Pandemi Covid-19 masih merongrong penjualan otomotif nasional meski dalam empat bulan terakhir grafik menunjukkan peningkatan tipis. Beberapa agen pemegang mereka bahkan mencatat kenaikan lumayan. Hal tersebut berkat sokongan peluncuran model baru dan strategi pemasaran.

Suzuki misalnya. Mengutip Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di bulan September kemarin volume penjualan whole sales mencapai 6.246 unit atau naik sekitar 78% dibandingkan bulan sebelumnya yang sejumlah 3.501 unit. Angka ini menggeser posisi Honda (5.856 unit) dari peringkat tiga. Sedangkan retail sales tercatat 5.710 unit, juga naik dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 5.259 unit.

Keberhasilan ini didorong oleh langkah Suzuki menghadirkan beberapa produk baru. Yang terakhir, dalam rangka merayakan perjalanan 50 tahun Suzuki di Indonesia, Suzuki meluncurkan Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition pada 10 Oktober 2020. Penjualan Karimun di semester kedua tahun ini pun merangkak naik untuk segmen fleet.

“Penjualan Karimun Wagon R untuk segmen fleet memang meningkat. Bahkan di bulan September peningkatannya mencapai 215% jika dibandingkan bulan Agustus. Selain karena harganya kompetitif dan irit bahan bakar, Karimun Wagon R adalah mobil yang sesuai digunakan untuk kendaraan operasional maupun pribadi karena memiliki ruang kabin yang lega, praktis, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan,” terang Sukma Dewi, Asst. To Dept. Head Sales 4W PT SIS dalam keterangan resminya.

Kontribusi segmen fleet terhadap peningkatan penjualan Karimun Wagon R didominasi beberapa bidang usaha, seperti FMCG, industri keuangan, hingga farmasi. Bodinya yang ringkas tidak membuat ruang kabinnya kecil. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dicari perusahaan untuk kendaraan operasional. Selain itu, dengan Karimun Wagon R juga memiliki kabin luas, bahan bakar irit, dan value for money.

Meski Carry Pick-Up masih dominan, namun total angka penjualan Karimun Wagon R menurut data dari Gaikindo juga mengalami peningkatan cukup signifikan. Di bulan September 2020, Karimun Wagon R tumbuh 106% dari sisi wholesales dan 44% dari sisi retail sales jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2020.

suzuki carry luxury front end

Guna mendorong menjualan, pada bulan Oktober ini APM juga memberikan program pembelian menarik dengan tema GEMERLAP Suzuki (Gebyar Emas Lima Puluh Tahun Suzuki). Program ini sebagai apresiasi ulang tahun setengah abad merek mobil Suzuki hadir di Indonesia. Program ini diharapkan bisa mendorong penjualan hingga akhir tahun.

Secara total volume penjualan whole Suzuki di sembilan bulan pertama ini sebenarnya Suzuki hanya memperoleh 44.902 unit. Jumlah tersebut tercatat turun 37% jika dibandingkan dengan perolehan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebanyak 71.469 unit.

Adapun angka retail sales, Januari hingga September, berada di 50.937 unit. Periode yang sama tahun lalu adalah sebanyak 74.822 unit. Penurunan ini sebenarnya juga diikuti oleh hampir semua APM selama tahun pandemi Covid-19 ini.

“Meskipun pasar otomotif nasional belum stabil sepenuhnya karena kontraksi akibat pandemi, namun kami berharap Suzuki dapat terus mencatatkan perkembangan yang positif terhadap angka penjualan dan pangsa pasar melalui produk dan inovasi yang kami tawarkan, baik untuk konsumen perorangan maupun untuk segmen fleet yang berkontribusi secara langsung dalam pemulihan aktivitas ekonomi nasional,” kata Dewi.

pameran otomotif

Penjualan Nasional

Secara nasional, penjualan kendaraan roda empat memberikan sedikit harapan. Angka penjualan di September menunjukkan peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada September tercatat penjualan whole sales seluruh merek mencapai 48.554 unit, yang membuat total penjualan selama sembilan bulan menjadi 372.046 unit. Adapun angka penjualan retail adalah 43.362 unit, dengan total selama 9 bulan sebanyak 407.396 unit.

Artinya, permintaan akan produk mobil (penumpang atau komersial) tetap meningkat, meski kalau dibandingkan tahun lalu dalam periode sama, masih jauh. Tahun lalu tercatat penjualan sebanyak 755.094 unit (whole sales) dan 759.938 unit (retail sales). Gaikindo sendiri mengatakan akan merivisi target tahun ini dari angka 600 ribu unit.

Meski demikian, Suzuki tetap optimistis. “Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Suzuki. Peningkatan pangsa pasar ini mendorong kami untuk terus berkontribusi terhadap pasar otomotif dan juga perekonomian nasional dengan menghadirkan produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik untuk mendukung usaha ataupun kebutuhan keluarga,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *