Daftar Mobil yang Dijadikan Ambulans Selama Pandemi Covid-19

Sejumlah APM roda empat menggali potensi pasar yang kebal Covid-19. Belakangan ini kebutuhan armada kesehatan untuk penanggulangan wabah kian naik. Melihat celah itu, ada yang menjualnya di fleet market serta instansi pemerintahan. Sebagian lain menjadikan unit CSR atau tanggung jawab sosial korporat. Sedikitnya terangkum enam model ambulans dari lima pabrikan Jepang maupun Tiongkok.

Suzuki APV

Total penjualan APV di kuartal pertama 2020, sebanyak 1.399 unit. Nah, 74 persen atau sebanyak 1.038 unit disumbang APV ambulans. Permintaan armada kesehatan di sektor pemerintahan yaitu sebesar 88 persen untuk April 2020. Unit dipakai di dinas kesehatan, dana desa, pemerintah daerah, rumah sakit.

Suzuki APV ambulans

Kepercayaan pelanggan menggunakan APV sebagai ambulans didukung beragam fitur. Seperti Covid-19 stretcher, LED strobo, vynil floor, doctor seat, medical cabinet, regulator oxygen. Dan beberapa spesifikasi perlengkapan medis lain. “Di tengah pandemi ini, Suzuki APV mendapat respons positif. Baik dari pemerintah maupun masyarakat. Ini terlihat dari terus meningkatnya angka penjualan sebanyak 262 unit pada Januari. Lalu menjadi 358 unit di April, sehingga secara kumulatif total penjualan APV selama kuartal I sebanyak 1.399 unit. Angka penjualan ini didominasi oleh kebutuhan pelanggan yang menjadikan APV sebagai ambulans. Terutama oleh instansi pemerintah,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Kijang Innova

Untuk diketahui, Toyota Kijang Innova Reborn versi ambulans ini merupakan hasil konversi dari salah satu supply chain perusahaan, dalam membantu menangani Covid-19. Saat ini TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) mengalokasikan total sebanyak 17 unit ke berbagai kalangan sebagai bentuk CSR perusahaan. Armada kesehatan ini menggunakan basis Innova tipe G. Namun isi kabin dirombak total oleh tim desainer Toyota untuk akomodasi pasien terkena virus. Adapun beberapa peralatan medis standar berupa tandu fleksibel untuk memudahkan akses masuk kendaraan. Lalu tersedia jok bagi tim paramedis, penyimpanan obat-obatan tertentu, tempat cuci tangan, tabung oksigen serta peranti pendukung lain.

Innova versi ambulans

“Penghargaan tinggi kami kepada pemerintah maupun tenaga medis yang bekerja keras di garis terdepan dalam penanggulangan pandemi ini. Harapan kami, bantuan ini dapat berperan dalam mencegah penyebaran Corona. Kijang Innova ambulans dapat dijadikan mobilitas Pemkab Bekasi dalam menghadapi wabah Covid-19,” papar Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Isuzu mu-X

Lantaran penjualan mobil banyak merosot, salah satu kans yang dilihat Isuzu ialah di sektor kesehatan. mu-X pun dijadikan ambulans untuk menambah pemasukan. Amsal pemasaran unit di Manado, dengan kondisi geografis cukup menantang. Regional Manager Astra Isuzu Area Sulawesi, Samuel Pilo Bunga menyebutkan, “Upaya yang kami lakukan adalah melakukan penetrasi pasar ke sektor yang tidak terlalu terdampak Covid19. Salah satunya adalah di bidang kesehatan. Seperti produk SUV Isuzu mu-X 4×4 yang dijadikan Ambulans.”

isuzu mu-x ambulans

Astra Isuzu Manado telah mendistribusikan secara bertahap kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud sejumlah 11 unit ambulans Isuzu mu-X. Sebelumnya instansi ini menggunakan Isuzu Panther sebagai armada kesehatan selama 20 tahun. Dan mereka menanggapi hal positif terkait dengan ketersediaan ambulans 4×4 ini.

SUV lansiran Isuzu ini mengandalkan mesin diesel 4JK1-TC 2,5 liter. Disokong Turbocharge Intercooled VGS (Variable Geometry System). Ia sudah mengantongi teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya, tenaga 136 PS dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Penyaluran output daya pakai transmisi triptonic otomatis lima percepatan atau manual lima percepatan. Versi ambulan menggunakan gerak roda 4×4. Namun bisa beralih menggunakan 4×2 dengan memutar selektor di konsol tengah.

Wuling Confero

Wuling Confero juga dijadikan ambulans. Armada ini menggunakan mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 107 Hp dan torsi 142 Nm, serta transmisi manual lima percepatan. Kabin belakang dimodifikasi hingga dapat dimasukkan berbagai alat untuk fungsi ambulans maupun mobil klinik. Unit memiliki fasilitas fixed central gas system, tempat duduk pendamping, kompartemen perlatan medis, sliding infuse. Kemudian tersedia pula flooring anti bakteri, LED flashlight, alat pemadam api, adjustable examination lamp, adjustable lighting spotlight plus ambulance stretcher.

Tanggung jawab sosial perusahaan Wuling Motors adalah salah satu komitmen kehadirannya berbisnis di Tanah Air. Mereka memberikan kontribusi di bidang medis dan kesehatan melalui ambulans dan mobil klinik. “Saya percaya dengan adanya dukungan berbagi pihak, Wuling Motors dapat mewujudkan program berkelanjutan di Indonesia. Dan bersama-sama menciptakan kehidupan yang lebih baik,” ucap Xu Feiyun, Presdir Wuling Motors Indonesia.

DFSK Glory 580

Dari pabrikan serumpun. DFSK membesut Glory 580 jadi kendaraan medis. Ia dilengkapi dengan LED light bar oval, sirene, spotlight, logo dan penunjuk armada kesehatan standar. Sedangkan bagian interior, terdapat pilihan landasan stretcher, lampu pperasi, tabung oksigen, kotak P3K. Kemudian gantungan infus dan berbagai kebutuhan lain lazimnya kendaraan ambulans.

DFSK Glory 580 Ambulans

“Kami melihat dalam kondisi sekarang ini ada kebutuhan kendaraan ambulans VIP dengan desain yang lebih elegan, mewah dan berkelas. Oleh karena itu, DFSK mencoba berinovasi dengan menawarkan kendaraan ambulans berbasis DFSK Glory 580. Ini bisa menjadi pilihan konsumen yang membutuhkan kendaraan ambulans eksklusif,” ucap Major Qin, Deputy Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

Nah, tatkala membangun armada kesehata Glory 580, DFSK tidak sendirian. Ini dilakukan bersama dengan karoseri spesialis ambulans yakni (Ambulans Pintar Indonesia). Perusahaan ini sudah banyak makan asam garam di bidang ini sejak 2011. Soal spesifikasi serta kelengkapan. API menawarkan sejumlah peranti disesuaikan dengan kebutuhan pemesannya. Baik dari segi desain, fasilitas dan kebutuhan lain. Namun secara umumnya kendaraan wajik laik jalan. Lalu dua diantaranya merupakan kendaraan khusus bagi kebutuhan pasien maupun jenazah Covid-19.

DFSK Super Cab

Yang jadi model pamungkas yakni ambulans berbasis DFSK Super Cab. Kendaraan punya panjang kabin 2,3 meter, lebar 1,75 meter tinggi 1,55 meter. Sedang panjang keseluruhan 3,5 meter. Rancang bangun menggunakan basis DFSK Super Cab 1.3T Diesel dan 1.5L Gasoline yang diklaim punya kapabilitas unggul. Konsumen dapat memilih untuk penggunaan mesin diesel 1.300 cc turbocharged bertenaga 75 PS dan torsi 190 Nm. Sementara mekanikal pacu bensin 1.500 cc membuncah daya 102 PS plus momen puntir maksimal 140 Nm.

ambulans DFSK

Menurut pabrikan, armada sangat cocok untuk kontur jalanan urban. Sebab ia menggunakan sasis Nine-Horizontal dan Two-Longitudinal beams. Sasis ini, menurut pabrikan, sudah teruji memberikan stabilitas dan kekuatan lebih baik. Cocok guna menempuh berbagai medan dengan beban tinggi. “Sementara ini 36 unit yang sedang dikerjakan. Kami sangat bersemangat untuk menjajakan produk, karena antusias pelanggan. Secara umum kebutuhan sebagai ambulans rumah sakit. Semua dikerjaan oleh karoseri, PT Ambulance Pintar Indonesia. Kami tidak bisa sembarang menunjuk karoseri karena sudah diverifikasi dari tim DSFK. Sehingga ubahan bodi tidak mengganggu garansi,” imbuh Denny Perdana, Area Sales Manager DFSK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *